Minggu, 24 Januari 2010

Penggemukan Sapi Potong

Prospek bisnis sapi potong
Bisnis sapi potong masih sangat terbuka lebar jauh kedepan, hal ini disebabkan permintaan daging sapi dari tahun ke tahun terus meningkat. Peningkatan ini sejalan dengan peningkatan taraf ekonomi dan kesadaran akan kebutuhan gizi masyarakat. Selain itu dengan semakin meningkatnya populasi penduduk semakin meningkat pula kebutuhan konsumsi akan daging sapi. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila arus permintaan daging sapi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Sebaliknya dari pihak produsen atau peternak semakin kewalahan untuk memenuhi kebutuhan daging di pasaran. Oleh sebab itu kita masih membutuhkan daging sapi impor dari berbagai negara seperti Australia dll. Dan ini berarti swasembada daging di negara tercinta ini belum tercapai sampai saat ini.

FarmBerkahSapi
Kami yang mengatasnakaman FarmBerkahSapi merupakan perorangan yang mencoba untuk masuk dalam bisnis penggemukan sapi potong. Lokasi Farm kami terletak di Jawa Tengah, Purwodadi Grobogan, dimana lokasi tersebut dekat dengan pasar sapi terbesar di Jawa Tengah, Pasar Wirosari. Saat ini ada 9 ekor sapi milik farm kami yang merupakan jenis simmental dan turunannya yang dalam proses penggemukan. Kenapa kita memilih sapi jenis ini, menurut pengalaman kami selama 2 tahun menekuni bisnis ini, sapi jenis simmental mempunyai nafsu makan yang sangat tinggi sekali, mudah beradaptasi, dan tahan terhadap penyakit, serta cepat dalam proses penggemukannya. Dan saat ini kandang yang tersedia hanya untuk menampung 7 ekor sapi. Farm kami berencana membangun farm II dengan kapasitas 100 ekor sapi ditempat yang tidak jauh dari farm I.

Sistem penggemukan
Sistem penggemukan yang kita pakai adalah system ‘Kereman’, dimana sapi hanya diberi makan di dalam kandang dan tidak di gembalakan. Hal ini bertujuan supaya mempersempit ruang gerak sapi. System penggemukan tersebut didukung dengan pemberian pakan yang sangat bermutu untuk kebutuhan peningkatan berat atau daging sapi dengan cepat. Pengemukan di farm kami di lakukan selama 90 – 120 hari.
Berikut merupakan kebutuhan makanan pokok perekor sapi di farm kami perharinya:
1.Ketela pohon 4 Kg
2.Bekatul 4 Kg
3.Air ampas tahu + Ampas tahu
4.Beberapa vitamin, kalsium dan garam
5.Konsentrat bermutu 1 Kg
6.Pakan tambahan berupa jerami.

Sistem Investasi
Sistem investasi yang kami tawarkan adalah pembagian hasil dari keuntungan sapi yang dijual setelah digemukkan dengan perhitungan Farm 60% dan Investor 40 % dari keuntungan kotor.
Estimasi keuntungan dalam kerjasama ini selama masa penggemukan:
Investasi bakalan sapi jenis Simmental : Rp. 9.000.000 – Rp. 10.000.000
Pakan perekor sapi selama masa penggemukan : Rp. 1.000.000
(termasuk karyawan, obat-obatan dan check up dokter)
Harga penjualan sapi hasil penggemukan : Rp. 12.000.000 – Rp. 13.000.000
Keuntungan : Rp. 3.000.000 – Rp. 4.000.000

FarmBerkahSapi 60 % : Rp. 1.800.000 – Rp. 2.400.000
Investor 40 % : Rp. 1.200.000 – Rp. 1.600.000
Hasil yang kita dapatkan memang tidak seberapa kalau kita hanya punya 1 ekor sapi. Kalau kita punya 10, 100 atau bahkan 1000 ekor sapi, hasilnya akan sangat terlihat.

email: ferybe@yahoo.com[/b]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
I just wanna share what I know to you all....

Pengikut